TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru menggelar giat Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Riau bersama Kemen LHK di SMAN 1 Minas Kabupaten Siak pada Kamis (4/5/2017).

Kegiatan berlangsung di aula sekolah itu turut dihadiri Miss Earth Indonesia 2016 Luisa Andrea Soemitha yang disambut antusias ratusan siswa dan majelis guru disana.

Sesi pemaparan kampanye pencegahan karhutla pun dipimpin langsung oleh Kepala Daerah Operasi (Ka Daops) Manggala Agni Pekanbaru Edwin Putra bersama dengan Miss Earth Indonesia 2016 dan perwakilan Polri Bripda Rosadi Eliyan.

Edwin dalam pemaparannya menyampaikan, kegiatan kampanye penanganan karhutla di SMAN 1 Minas merupakan yang pertama di Riau dan Indonesia secara keseluruhan.

“Dari sekian banyak daerah yang menjadi pilihan Manggala Agni Daops Pekanbaru, kami memilih di SMAN 1 Minas. Selain karena terletak di Kabupaten Siak yang rawan karhutla, SMAN 1 Minas juga sangat berdekatan dengan lokasi kantor kami di Jalan Lintas Pekanbaru-Medan,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kampanye tersebut, pihaknya dapat mensosialisasikan pentingnya penyelamatan lahan.

“Kami ingin merubah pola pikir siswa untuk memberitahukan bahaya karhutla. Terutama, dengan besarnya dampak yang dialami oleh mereka hingga kesulitan bersekolah akibat kabut asap,” sampainya.

Terpisah, Miss Earth Indonesia 2016 Luisa Andrea Soemitha menyampaikan, kehadirannya di Minas berkaitan dengan agenda Kemen LHK di Riau.

“Jika bicara lingkungan, sebenarnya menjadi pembelajaran juga bagi diri saya sendiri. Sebab, sebagai Miss Earth Indonesia, ada beberapa isu lingkungan yang ingin kita bawa disini,” terangnya.

“Ada beberapa isu yang ingin kita sampaikan dalam kegiatan seperti ini. Seperti pentingnya penyelamatan lingkungan, penyelamatan satwa langka, bebas sampah, ectourism dan sebagainya,” ungkap gadis yang mengaku sudah empat kali ke Riau ini.

Diakuinya pula, sebagai daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, kondisi udara di Riau tergolong sangat panas dan kering sekali.

“Wah, Riau panas sekali. Sangat kering untuk daerah yang punya banyak hutan ini,” katanya. (*)

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/05/04/miss-earth-indonesia-ramaikan-kampanye-manggala-agni-daops-pekanbaru-di-sman-1-minas