Jakarta, 11 Juli 2017 – Hari dibuka dengan presentasi dari setiap finalis Miss Earth Indonesia 2017 yang telah kami siapkan sebelumnya, dengan tema Enjoying Indonesia’s Wonderful Eco Tourism. Miss Earth Indonesia 2016, Luisa Andrea dan Vice President dari El John, Pak Widi menjadi juri yang memberikan penilaian dan komentar tentang presentasi para finalis.

Saya membawakan presentasi dengan sub-tema: From Entrepreneurship to Eco Tourism.

Sesi berikutnya adalah dari Pak Widi. Beliau memberikan kami selembar kertas A4 dan menugaskan kami untuk menulis sebuah essay yang berisikan angan-angan atau harapan kami tentang: sampah, plastik, listrik, dan RTH (Ruang Terbuka Hijau).

Dilanjutkan dengan sesi sharing dari Kak Luisa Andrea, Miss Earth Indonesia 2016. Kak Luisa membagikan pengalamannya kepada kami selama ia menjadi Miss Earth Indonesia 2016. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang Program IEM (Indonesia Eco Movement) yang merupakan salah satu program utama dari Miss Earth Indonesia. Di mana Misi dan Tujuan dari IEM adalah — Young generation involved to: 1) Free of trash 2) Eco tourism 3) Prevention of forest fires 4) Sanitation & clean water 5) Save animal.

Terdapat sebuah pesan dari Kak Luisa yang menginspirasi saya. “If you continuously compete with others, you become bitter, but if you continuously compete with yourself, you become better.

Kak Luisa juga memberikan confidence test kepada kami. Ia bertanya kepada kami, siapa yang berani untuk maju ke depan untuk bernyanyi, akting, dan juga catwalk. Beberapa finalis pun maju ke depan untuk melakukan performance tersebut.

Berikutnya, kembali sesi dari Pak Widi yang membahas tentang essay yang telah kami tulis di sesi sebelumnya. Beliau membagi kami menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. Kami berdiskusi dan mencari intisari dari setiap poin-poin yang kami tulis. Kemudian setiap anggota harus mempresentasikan masing-masing 1 poin. Sebelumnya, Pak Widi juga menyuruh kami untuk memilih seorang Ketua dari setiap anggota kelompok.

Kemudian semua kelompok pun maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi.

Sesi terakhir ditutup oleh Kak Revi dan Kak Yudith. Kak Revi membawakan pembekalan tentang public speaking dan Kak Yudith membawakan pembekalan tentang manner dan behaviour.

 

By: Anastasia Olivia Wongso – Finalis Miss Earth Indonesia 2017 No. 17