Kamis, 13 Juli 2017 – Hari ini para finalis Miss Earth Indonesia 2017 bangun lebih awal. Pada pukul 6 pagi, kami sudah berkumpul di dalam bus untuk menuju Taman Bunga Nusantara, Cipanas, Jawa Barat. Kami dibagi menjadi 2 kelompok. Nomor 1 sampai 15 di bus 1, dan nomor 16 sampai 30 di bus 2.

Kami pun memulai perjalanan, sarapan telah dibagi kepada masing-masing finalis. Di tengah perjalanan, bus 1 mengalami masalah sehingga para finalis yang berada di bus 1, harus pindah ke bus 2. Kami akhirnya sampai di Taman Bunga Nusantara sekitar pukul 10 pagi.

Kami segera turun dari bus dan berfoto. Suatu kehormatan, karena kedatangan kami disambut langsung oleh Direktur Utama dan salah satu Founder dari Taman Bunga Nusantara, Bapak Darmasto.

Kami pun berkeliling menggunakan kereta wisata. Kami mengunjungi French Village, kemudian Saung Dahlia, di mana kami disajikan hidangan snack serta mendengarkan sedikit pembekalan mengenai alam, bunga, serta proses germinasi, penanaman, dan perawatan tanaman. Taman Bunga Nusantara berusaha meminimalisir limbah dengan cara melakukan proses komposting.

Spot berikutnya yang kami kunjungi adalah Japanese Village, kemudian kami pun disuguhkan makan siang dengan masakan bernuansa Jepang dan Arab.

Setelah itu, kami diberi waktu bebas untuk membuat video tentang visi-misi atau campaign jika kami terpilih menjadi Miss Earth Indonesia 2016. Sebelum pulang ke Jakarta, kami pun berfoto bersama dengan pihak perwakilan Taman Bunga Nusantara beserta Kak Luisa, Miss Earth Indonesia 2016.

Setelah menempuh perjalanan dari Cipanas ke Jakarta selama kira-kira 5 jam, akhirnya kami pun sampai di hotel.

By: Anastasia Olivia Wongso – Finalis Miss Earth Indonesia 2017 No. 17